Alur Tahapan Pra Produksi dalam Pembuatan Video

Ingin jadi kru dari sebuah produksi pembuatan film maupun video harus tahu dulu dasar-dasar ilmunya. Dibawah ini adalah beberapa uraian yang memberi jawaban tentang pertanyaan, tentang alur tahapan pra produksi dalam pembuatan video dari https://bieproduction.com, Hal semacam ini cocok bagi yang sedang belajar atau pemula.

Urutan Alur Tahapan Pra Produksi dalam Pembuatan Video

Tahapan pra produksi adalah sebelum segala kegiatan video tersebut mulai dilakukan. Kondisi ini adalah dimana script atau storyboard sudah dikembangkan secara lebih lanjut oleh saudara atau editor. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak uraian lengkap dibawah ini.

Alur Tahapan Pra Produksi dalam Pembuatan Video

Pengembangan Script atau Storyboard

Sebelum masuk ke pra produksi, biasanya sudah ada storyboard atau script. Kemudian akan dikembangkan lebih lanjut di tahap pra produksi. Sutradara yang bertanggung jawab terhadap seluruh dibalik layar pembuatan video ini.

Pengembangan cerita dari storyboard ini juga sangatlah penting. Mengingat nantinya akan menjadi landasan atau panduan dari syuting nanti. Selain itu ada juga director’s board sudah dilengkapi dengan voice over script atau dialog menyesuaikan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga : Pengertian, persyaratan, dan Tugas Admin Drop Point J&T

Membuat Director

Director’s board treatment adalah langkah selanjutnya yang akan dilakukan dalam proses pra produksi. Kru serta petugas akan sangat terbantu dalam masa produksi, sebab mereka sudah mendapat acuan yang jelas tentang tugas masing-masing.

Director’s board treatment sendiri merupakan penjelasan dari referensi set ruangan yang digunakan dalam produksi. Ada juga referensi busana, tata rias, juga tata rambut dan musik. Editing dan lokasi syuting juga termasuk ke dalamnya.

Finishing

Terakhir adalah tahap finishing, dimana semua susunan sudah terbentuk dengan sempurna. Ketika sudah final inilah meeting akhir akan dilakukan. Sebelumnya sutradara akan melakukan recce dan workshop kepada talent juga.

Karena storyboard maupun director’s treatment sudah selesai, maka bisa lanjut ke tahapan produksi. Dimana nantinya semua bagian akan bekerja sesuai job desknya masing-masing. Pihak brand juga masih memiliki hal untuk melakukan revisi.

Itulah beberapa tahapan yang terjadi ketika akan melakukan syuting sebuah video. Setelah proses produksi berjalan pun juga masih ada tahapan selanjutnya, yakni pasca produksi. Yakni editing sampai menemukan hasil paling maksimal.