3+ Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah

Dilansir dari duniaprogramming.com bahwa Banyak yang belum menyadari bahwa semakin sering laptop digunakan, maka semakin menurun pula performa laptop. Proses loading menjadi semakin lambat, atau membuka aplikasi tidak secepat dulu. Itu pertanda bahwa laptop sudah mulai lemot atau performa mulai melambat.

Jika hal tersebut terjadi, kalian jangan terburu-buru dengan laptop yang baru. Karena, layaknyaproduk elektroniklain, laptop juga bisa mengalami penurunan performa , dan ini merupakan hal yang wajar, walaupun spesifikasinya tinggi.

3+ Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan performa laptop menjadi lemot, dan umumnya, masalah-masalah berikut yang menjadi penyebab utamanya.

  1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan dibackground dan otomatis aktif saat diaktifkan, hal ini akan membuat kinerja perangkat jadi berat dan membutuhkan proses booting yang lebih lama
  2. Umur harddisk sudah terlalu lama, dimana proses read and write berjalan lebih lama dari biasanya. efeknya akan berpengaruh pada performa laptop secara keseluruhan
  3. Kapasitas harddisk yang sudah penuh, menyebabkan kinerja semakin berat dan membuat laptop menjadi lemot

Nah, dengan mengetahui penyebabnya, Kita jadi bisa mengambil langkah pertama perbaikan. Dan kita bisa mengatasi laptop yang lemot secara mandiri tanpa harus dibawa ke tempat servis.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial cara agar laptop tidak lemot, melalui langkah-langkah sederhana dan mudah. kita bisa melakukannya sendiri di rumah.

Cara Mudah Mengatasi Laptop agar tidak lemot

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk mengatasi laptop agar tidak lemot, berikut rangkuman yang sudah saya berikan untuk kalian.

Menghapus Program yang tidak perlu

Terkadang banyak dari kita yang kurang memperhatikan bagian ini, membiarkan hal sepele terjadi sehingga laptop yang seharusnya berjalan dengan lancar malah menjadi lemot hanya karena beberapa aplikasi yang terinstall di laptop yang tidak digunakan.

Cara yang paling efektif adalah menghapus program tersebut dengan beberapa cara :

Melalui Control Panel

Cara pertama ini cukup umum dilakukan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Ketik Control Panel pada bar pencarian dibawah (Versi Windows Berapapun)
  2. Pilih Programs, Kemudian pilih Programs and Features
  3. Cari Program yang menurut kalian tidak terpakai, kemudian klik UnInstall

Cara pertama memang terkadang belum berhasil, namun kalian bisa gunakan cara kedua untuk menghapus aplikasi yang tak terpakai dengan bantuan software lain.

Hapus Temporary File

Temporary file biasanya muncul sebagai sisa-sisa penyuntingan sebuah dokumen. Terkadang, Windows tidak menghapus file ini secara otomatis.

Untuk menghapusnya, masuk ke menu Disk cleanup. Anda bisa langsung memasukkan kata Disk cleanup di kolom pencarian Windows untuk menemukannya.

Setelah itu pilih drive yang ingin kalian bersihkan. Cari semua Temporary files yang ada lalu klik OK.

Update hard drive dan RAM

Untuk mengatasi ini, kalian perlu modal uang yang cukup. Bagi kalian yang masih menggunakan HDD, ada baiknya untuk mulai beralih ke mode penyimpanan SSD. Tapi, jika laptop belum mendukung SSD, kalian bisa meningkatkan kapasitas HDD yang digunakan.

Begitu pun dengan RAM, kalian bisa menambah kapasitas RAM mulai dari 8-16 GB sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa cara agar laptop kalian tidak lemot lagi saat digunakan untuk menjalankan game maupun saat menjalankan program untuk programming, semoga bermanfaat.