Biaya Membuat Aplikasi Startup

Salah satu hal wajib yang harus dipenuhi ketika ingin memulai usaha startup yakni memiliki sebuah aplikasi. Pentingnya sebuah aplikasi tersebut tidak lain untuk memudahkan pengguna maupun pemilik bisnis. Adapun biaya membuat aplikasi startup tidaklah mudah, banyak faktor yang mempengaruhi harga yang dimaksud.

Startup sendiri merupakan sebuah bisnis yang berhubungan dengan teknologi, tepatnya teknologi digital. Sebenarnya bukan hanya sebuah aplikasi, website juga termasuk hal yang berhubungan dengan bisnis startup. Dikarenakan perkembangan teknologi saat ini lebih banyak menggunakan ponsel pintar, maka aplikasi semakin banyak dilirik oleh pengusaha.

Istilah startup awal mula dikenal sekitar tahun 90an yang ditujukan kepada perusahaan yang baru berdiri, artinya masih dalam pengembangan. Makna tersebut akhirnya menyempit dan di khususkan untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi digital. Beberapa kriteria perusahaan yang boleh disebut sebagai startup yaitu dari segi usia yang tidak lebih dari 3 tahun, dengan pegawai tidak lebih dari 15 orang.

Biaya Membuat Aplikasi Startup

Faktor Penentu Biaya Membuat Aplikasi Startup

Setelah sedikit mengetahui sejarah bisnis startup dan kriterianya, kita masuk lagi ke bab utama, yaitu biaya membuat aplikasi startup. Berapa biaya yang dibutuhkan? Berapa besar dana yang harus dialokasikan untuk keperluan tersebut? Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi, jadi tidak bisa didapat angka pasti. Faktor yang dimaksud meliputi beberapa hal berikut!

Jenis Aplikasi

Aplikasi jenis apa yang anda inginkan? Itulah faktor pertama yang mempengaruhi. Sebagai contoh aplikasi jenis game yang biayanya cukup mahal, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah dengan tingkat kompleksitas yang rumit.

Sistem Operasi

Faktor kedua yaitu dari jenis sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan aplikasi tersebut. Ada dua OS yang banyak digunakan ponsel pintar saat ini, yaitu Android dan iOS. Harga aplikasi yang dapat dioperasikan di iOS lebih mahal daripada Android.

Banyaknya Fitur

Berbagai jenis fitur yang dimasukkan ke dalam aplikasi juga sangat mempengaruhi harga. Contoh fitur yang dimaksud ialah katalog, keranjang belanja, fitur bahasa, pembayaran, dan semacamnya. Setiap fitur tersebut memiliki harga tersendiri, tergantung dari jasa pembuat aplikasi Android masing-masing.

Desain dan Layout

Selanjutnya ada desain dan layout yang juga mempengaruhi biaya pembuatan aplikasi Startup. Kalau yang satu ini dari tingkat kerumitan desain yang dipilih. Umumnya pihak penyedia layanan memiliki desain yang sudah jadi, anda tinggal memilih yang cocok. Jika tidak ada, anda juga bisa menentukan sendiri, namun pastinya harganya lebih mahal.

Waktu Pengerjaan

Faktor waktu masih berhubungan dengan tingkat kesulitan dari aplikasi startup yang ingin dibuat. Semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

Biaya Diluar Aplikasi

Maksud dari biaya diluar aplikasi yaitu biaya server, sertifikat SSL, pemeliharaan dan juga biaya pendaftaran akun developer. Intinya, biaya tersebut tidak ada hubungan langsung dengan pembuatan aplikasi.

Contoh Biaya Membuat Aplikasi Startup

Setelah mengetahui faktor apa saja yang menentukan besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat aplikasi startup, mari kita coba membuat hitungan sederhana.

  • Jenis aplikasi: Rp. 20.000.000
  • Sistem Operasi: Rp. 15.000.000
  • Penambahan fitur: Rp. 10.000.000
  • Desain: Rp. 10.000.000
  • Waktu pengerjaan: Rp. 30.000.000
  • Biaya lain-lain: Rp. 5.000.000

Total: Rp. 90.000.000

Penutup

Dengan adanya taksiran biaya membuat aplikasi startup di atas, kami harap anda mempunyai sedikit gambaran. Dengan demikian, anda bisa mengalokasikan dana untuk pembuatan aplikasi tersebut sehingga tidak over budget. Hal penting yang mesti diingat yaitu besaran biaya diatas tidak bisa dijadikan patokan pasti.